STUDI BANDING PENGELOLA ASRAMA SISWA DARI MAN KOTA PASURUAN KE MAN 4 JOMBANG

Berawal dari MAN Kota Pasuruan yang menerima hibah dana untuk Asrama, akhirnya mereka diharuskan untuk mernacang kurikulum yang akan diterapkan di asrama mereka. MAN satu-satunya kota pasuruan, inilah yang disampaikan oleh kepala MAN Kota Pasuruan, ini melakukan studi banding ke MAN 4 Jombang yang telah lebih dahulu melaksanakan madrasah yang berasrama, lebih khusus kepada MAN PK. Sambutan dari Kepala MAN Kota Pasuruan, Dr. Ahmad Barik Marzuq, M.Pd., menyampaikan bahwa sampainya mereka, para guru, ke MAN 4 Jombang ini adalah hasil dari pencarian dari para bapak dan ibu guru sendiri. Seperti apa yang disampaikan oleh Pak Barik bahwa kedatangan mereka disini adalah untuk “sinau” apa yang sudah ada di MAN 4 Jombang.

Sambutan hangat dan nyaman dilakukan oleh MAN 4Jombang kepada tamu dari MAN Kota Pasuruan yang akan melakukan studi banding. Seperti disampaiakn oleh kaprodi agama MAN 4 Jombang, Dr. Abdul Aziz, S.Th.I., M.Pd.I., bahwa disini sudah melakukan madrasah berasrama sejak lama. Bahkan yang menarik juga adalah terkhusus MAN Pk sebelum santri memulai pembelajaran maka di awal masuk mereka mendapatkan matrikulasi dari para pengajar yang bekerjasam dengan kursusan di pare untuk kebahasaan mereka. Pak Aziz menuturkan pembimbingan diasrama itu selama 24 jam dikarenakan para pembina disediakan tempat-tempat sendiri untuk yang berkeluarga sehingga bisa terus mengawasi dan membimbing para santri.

Kegiatan studi banding ini tidak hanya sebatas seremonial di ruangan saja. Akan tetapi para bapak dan ibu guru dari MAN satu-satunya di kota pasuruan ini berjalan-jalan melihat keadaan Asrama santri dan lingkungan sambi didampingi oleh para pembina Asrama. Selain itu juga mereka dibagi dengan beberapa kelompok yang mewakili bidang masing-masing yang juga di dampingi oleh para pembina di bidang ynag mereka para guru dari man kota pasuruan perlukan. Sehingga kegiatan ini sangat efektif dengan pembagian tiap-tiap defisi tersebut.

Kegiatan ini juga bersambung berziarah ke makam mbah bisri yang bjuga masih sambung keluarga dengan Gus Ipul Pasuruan. Selain itu juga untuk melihat keadaan MAN 4 Jombang secara keseluruhan. Studi banding ini diakhiri dengan foto bersama antara para bapak ibu guru dari MAN Kota Pasuruan dengan Pmebina dan Bapak serta Ibu guru dari MAN 4 Jombang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *