Tartil Irama Hijaz dan Ngaji Kitab Kuning Jadi Agenda Utama Bulan Ramadhan MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif

Kab. Jombang (MAN 4) – Selama Bulan Ramadhan, seluruh civitas academika MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif melaksanakan kegiatan kepesantrenan sejak tanggal 25 Maret hingga 8 April 2023 mendatang. Tadarus Alquran dengan tartil irama Hijaz dan mengajikitab kuning menjadi agenda utama dalam kegiatan kepesantrenan MAN 4 Jombang.

Para siswa mengawali kegiatan pagi dengan membaca Alquran secara tartil dengan irama Hijaz. Ketua tim keagamaan MAN 4 jombang, Mujiyono menjelaskan bahwa tartil irama Hijaz dipilih untuk menyelaraskan irama bacaan Alquran yang menjadi ciri khas madrasah.

“Kami ingin menyamakan irama tartil para siswa. Sekaligus untuk melihat kemampuan tartil anak-anak, menggabungkan antara lagu, makhroj, dan tajwid sehingga muncullah irama Hijaz yang benar dan enak didengar.” tuturnya.

Usai tadarus, para siswa yang terbagi berdasarkan jenjang kelas mengikuti agenda mengaji kitab kuning. Kelas X putra mengaji kitab Akhlaqul Banin di mushola putra, dan kelas X putri mengaji Akhlaqul Banat di ruang keagamaan lantai 3 gedung KH. Bisri Syansuri. Kelas XI mengaji Kitab Usfuriyyah di Aula MAN 4 jombang bagi putra, dan lantai 2 gedung KH. Bisri Syansuri untuk putri. Sedangkan kelas XII putra dan putri memengaji Kitab Uqudullijain di Gedung Hasyim Asy’ari MAN 4 Jombang.

Tak ketinggalan, para guru dan karyawan MAN 4 Jombang pun turut mengaji Kitab Tafsir Yasin yang disampaikan langsung oleh Kepala MAN 4 Jombang, M. Ilyas di ruang perpustakaan MAN 4 Jombang.

Mujiyono menambahkan bahwa mengaji kitab kuning bagi seluruh civitas academica dimaksudkan untuk membekali ilmu akhlaq, tauhid, dan fiqih agar benar dalam beribadah kepada Allah SWT. Serta untuk melestarikan tradisi pesantren salaf.

“Mengaji kitab kuning dimaksudkan untuk membekali ilmu ala ulama’ salafussholih yang mu’tabar (terpercaya, red) di kalangan santri dan khalayak umum. Juga untuk melestarikan tradisi salaf dengan memakai kaidah nahwu shorof utawi, iki, iku.” terang Mujiyono.

Sementara itu, Ira Purwandari selaku wakil kepala madrasah bagian hubungan masyarakat menjelaskan, agenda Bulan Ramadhan MAN 4 Jombang sesuai dengan edaran Kemenag dan sejalan dengan program Ramadhan yayasan.

“Agenda kepesantrenan ini sesuai dengan edaran dari Kemenag Jombang dan selaras dengan agenda Yayasan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, yakni pendalaman kepesantrenan. Maka kami mengadakan ngaji kitab kuning yang memang khas dari podok pesantren.” Terang Ira.

Ia pun menjelaskan bahwa selama Bulan Ramadhan seluruh kegiatan belajar mengajar (KBM) diganti dengan agenda kepesnatrenan.

“Selama bulan puasa, KBM diganti dengan kepesantrenan. Sesuai dengan edaran dari Kemenang dan Yayasan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif.” tandasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *