Tingkatkan Kedisiplinan Siswa, MAN 4 jombang Adakan Latihan PBB

Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar  bekerja sama dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jombang mengadakan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi seluruh siswa putra pada Selasa (31/1/2023) hingga Kamis (2/2/2023).

Sebanyak 608 siswa mengikuti latihan PBB yang dilaksanakan di gedung pusat pembelajaran terpadu (GPPT) MAN 4 Jombang. Waktu pelaksanaan latihan dibagi berdasarkan tingkatan kelas. Kelas X melaksanakan latihan PBB pada Selasa (31/1/2023), kelas XI pada Rabu (1/2/2023), dan kelas XII pada Kamis (2/2/2023). Latihan PBB dibuka oleh wakil kepala bagian kesiswaan MAN 4 jombang, Muhammad Makin.

“Latihan PBB ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta disiplin. Tidak hanya menumbuhkan sikap disiplin saja, tetapi disiplin yang diikuti dengan rasa cinta. Cinta kepada kedisiplinan.” ucapnya.

Materi yang disampaikan dalam latihan PBB ini antara lain tentang Sikap sempurna, Hentakan Kaki, sikap rata – rata Air, Irama Langkah, Kewajaran Tenaga, dan Konsentrasi. Antusiasme siswa begitu terlihat saat para pelatih mengajak para siswa untuk melakukan yel-yel.

Para pelatih dari Babinsa juga menjelaskan tujuan dari latihan PBB yaitu untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

Muhammad Makin mengapresiasi semangat para siswa saat latihan PBB. Ia berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan.

“Alhamdulillah. Respon anak-anak luar biasa bersemangat. Pelatihnya tegas tapi bersahabat dengan anak-anak. Acara seperti ini akan kami usahakan bisa dilaksanakan secara rutin. Mungkin setiap semester.” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu siswa peserta latihan PBB, Ilham Akbar Habibi merasa senang dapat mengikuti latihan PBB.

“Keren banget, bisa latihan baris – berbaris langsung dengan tentara. Acara seperti ini saya rasa penting untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Harapannya, acara ini bisa diadakan lagi secara rutin. Apalagi untuk anak pondok ya, saya rasa perlu sekali.” tandasnya. (tim jurnalistik putra MAN 4 Jombang)

Editor : hiy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *