Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar LDKS

Kab. Jombang – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan yang digelar di Wisata Bumi Mulyo Jati Majapahit, Dlanggu, Mojokerto ini berlangsung selama tiga hari, dari Minggu (2/10/22) hingga Selasa (4/22/22).

Kegiatan LDKS ini diikuti oleh 105 siswa dari anggota OSIS, PK IPNU-IPPNU, Organisasi Siswa Hasbullah Said (OSHASS), dan perwakilan seluruh ekstrakurikuler di MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar.

Dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala MAN 4 Jombang, Mukhammad Ali Makhfud beserta seluruh wakil kepala madrasah, acara dibuka pada Minggu (2/10/22) oleh Mukhammad Ali Makhfud. Dalam sambutannya Mukhammad Ali Makhfud menjelaskan bahwa LDKS ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin diadakan oleh madrasah.

“LDKS ini bertujuan untuk mencetak generasi muda yang bukan hanya kuat dalam ilmu agama tapi juga mempunyai jiwa kepemimpinan serta bisa menjadi contoh bagi siswa-siswi yang lain.” ungkapnya.

Beberapa materi mengenai organisasi dan kepemimpinan diberikan dalam kegiatan LDKS. Materi tersebut antara lain; pembuatan proposal dan rencana tindak lanjut (RTL) yang disampaikan oleh Eko Subianto, S.Pd. Dilanjut dengan materi manajemen organisasi oleh Taufiq Purwanto, S.E., materi kewirausahaan oleh Agus Setiawan, hingga Emotional Spiritual Qoutient (ESQ) yang disampaikan oleh Ganal Arief.

Pada hari kedua, peserta LDKS diajak untuk senam bersama guna menjaga kebugaran tubuh. Berbagai permainan juga diberikan untuk menyegarkan pikiran dan mengasah kekompakan tim. Dilanjutkan dengan edukasi terkait tanaman kakao dan kunjungan industri pengolahan kakao Cokelat Mojopahit.

Acara ditutup dengan upacara serta pelepasan ID Card peserta sebagai tanda berakhirnya LDKS. Nurul Wijayanti selaku staf waka kesiswaan sekaligus pendamping LDKS menutup acara dan berharap acara LDKS ini dapat memberikan dampak dan pengalaman yang baik bagi siswa-siswi yang mengikutinya.

“Semoga apa yang telah kita pelajari di sini dapat diterapkan dalam organisasi dan extrakurikuler masing-masing secara lebih baik.” pungkas Nurul. (MLM-Ara-Reyno, Jurnalis MAN 4)

Editor : (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *