UINSA Surabaya Buka Jalur Prestasi Khusus bagi Alumni MAN PK, 11 Siswa MAN PK MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Langsung Diterima

Jombang (MAN 4) – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melakukan sosialisasi kepada siswa kelas XII MAN PK MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif tentang jalur prestasi khusus masuk UINSA tanpa tes bagi seluruh alumni MANPK di Indonesia pada Kamis (4/5/23).

Wakil Rektor bagian Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag beserta Ketua Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf Dr. Mustofa, M.E.I. hadir di MAN 4 Jombang untuk menyampaikan langsung terkait sosialisasi jalur prestasi khusus bagi alumni MANPK di Ruang Keagamaan lantai 3 Gedung KH. Bisri Syansuri MAN 4 Jombang.

“UINSA jadi yang pertama menggelar karpet merah untuk alumni MANPK. Saya tahu persis bagaimana proses seleksi masuk MANPK. Animo peminat MANPK itu tinggi, sistem seleksinya nasional dan ketat, proses pembelajarannya hebat, billughotil arobiyyah wal injiliziyyah. Logikanya, lulusannya pun akan hebat. Ketika sudah lulus, kalau UIN-UIN di Indonesia ini tidak memberi perhatian lebih bagi lulusan MANPK, rugi. Dari situlah maka membuahkan keputusan tahun ini memberi beasiswa khusus bagi lulusan MANPK. Bisa masuk UINSA langsung tanpa tes.” kata Ali Mudlofir.

Lebih lanjut, Ali Mudlofir menyebut bahwa terdapat tujuh program studi yang bisa diambil alumni MANPK melalui jalur prestasi khusus ini, yaitu; Program Studi Studi Agama-Agama, Program Studi Ilmu Hadits, Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Program Studi Perbandingan Madzhab, Program Studi Ilmu Falak, dan Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf. Masing-masing program studi memiliki batas kuota sebanyak 12 mahasiswa jalur prestasi khusus MANPK. Itu berarti, dari 10 MANPK yang ada di Indonesia, UINSA akan menerima maksimal 84 mahasiswa melalui jalur prestasi khusus.

Selain bisa masuk UINSA langsung tanpa tes, para alumni MANPK juga akan mendapatkan beasiswa berupa bebas biaya uang kuliah tunggal (UKT) selama 8 semester dan bebas biaya asrama dengan program ma’had selama 2 semester.

Selanjutnya, teknis pendaftaran dipaparkan oleh Ketua Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Mustofa. Ia mengatakan bahwa pendaftaran mahasiswa baru UINSA Jalur prestasi khusus alumni MANPK dibuka pada tanggal 19 April – 4 Mei 2023 dengan mengisi formulir di https://forms.gle/6sZHV2wKMZwrL6PP9. Tes wawancara dilaksanakan tanggal 5 – 9 Mei 2023. Sedangkan pengumuman lulus pada tanggal 15 Mei 2023.

“Tes wawancara ini wawancara umum saja. Kaitannya dengan kesungguhan dan kesanggupan kalian untuk menyelesaikan kuliah dalam 8 semester. Karena beasiswanya hanya 8 semester. Kalau lebih dari itu, harus bayar sendiri.” jelas Mustofa.

Ia pun kembali menegaskan bahwa semua alumni MANPK akan diterima selama kuota beasiswa jalur khusus MANPK masih tersedia.

“Pada prinsipnya, sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Warek, ini adalah karpet merah. Anda isi googleformnya, Anda diterima. Karena memang tanpa tes. Tapi dengan satu syarat, kuotanya masih ada.” ucapnya.

Mustofa juga berpesan agar para calon mahasiswa alumni MANPK untuk memantapkan hati terlebih dahulu sebelum masuk UINSA . Serta bertekad untuk mampu melaksanakan kewajiban perkuliahan selama 4 tahun atau 8 semester.


Di akhir sosialisasi, pihak UINSA mempersilakan para siswa MANPK MAN 4 Jombang untuk langsung mendaftar apabila telah yakin untuk berkuliah di UINSA. Dari 20 siswa MANPK MAN 4 Jombang yang belum mendapatkan perguruan tinggi, 11 diantaranya menetapkan pilihan di UINSA melalui jalur prestasi khusus ini.

“Ini memang betul-betul karpet merah. Anda hanya setor nama saja ke kami, Anda sudah akan saya ucapkan, ‘Selamat, Anda diterima.’” tandas Mustofa disambut tepuk tangan para siswa. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *