Unesa Gelar Sosialisasi Jalur Masuk Kampus Bagi Siswa Kelas XII MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif

Kab. Jombang (MAN 4) – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan kegiatan sosialisasi kampus bagi siswa kelas XII MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif pada Senin (29/10/23).

Kegiatan ini telah rutin dilakukan setiap tahunnya. Dr. Masriyah, M.M.Pd. selaku narasumber dari Unesa mengungkapkan hal tersebut saat kunjungan dan sosialisasi di Gedung KH. Hasyim Asy’ari MAN 4 Jombang.

”Kami rutin melakukan sosialisasi Unesa di MAN 4 Jombang, sejak kepala madrasahnya masih Pak Samsul Ma’arif.” ujar Masriyah.

Mengenal Program Studi di UNESA

Masriyah memberikan paparan tentang program studi di Unesa. Terdapat 9 fakultas dengan total 78 program studi (prodi) yang dipaparkan Masriyah. Mulai dari program kependidikan maupun non kependidikan.

Sembilan fakultas yang terdapat di Unesa meliputi Fakultas Vokasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran.

Yang terbaru adalah Fakultas Kedokteran dengan prodi S1 pendidikan kedokteran. Prodi ini telah dibuka sejak tahun 2022 melalui jalur mandiri.

“Tahun 2023 ini Fakultas Kedokteran Unesa mulai buka pada jalur SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru, red).” ungkapnya.

Mengutip laman unesa.ac.id, prodi Kedokteran Unesa mulai membuka pendaftaran pada tanggal 1-9 Agustus 2023 kemarin. Tes psikologi dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2023 dan ujian tes berbasis komputer dilaksanakan pada 11 Agustus 2023.

Jalur Masuk Unesa

Selanjutnya Masriyah menjelaskan mengenai jalur masuk Unesa. Terdapat 3 jalur penerimaan mahasiswa baru Unesa, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi secara mandiri.

Seleksi mandiri non tes bisa melalui jalur prestasi. Jalur prestasi yang dimaksud meliputi prestasi seni, prestasi olahraga, prestasi MTQ, tahfidz, lulusan pesantren, prestasi Keagamaan Protestan/Katolik/Hindu/Budha, prestasi kepemimpinan (Ketua OSIS, Wakil Ketua OSIS, Sekretaris OSIS, Bendahara OSIS), dan prestasi SOSHUM-SAINTEK.

”Untuk seleksi mandiri (SPMB) non tes melalui jalur prestasi, Anda perlu mencantumkan sertifikat yang sesuai dengan jurusan yang diambil. Misal Anda pilih jurusan matematika, tetapi mencantumkan sertifikat juara olahraga, ya tidak nyambung.” jelasnya.

Para siswa terlihat antusias mendengarkan pemaparan jalur masuk Unesa. Terutama jalur masuk melalui prestasi tahfidz dan pesantren. Hal ini tak lain karena sebagian besar siswa MAN 4 Jombang merupakan santri pondok pesantren.

Masriyah pun menjelaskan secara detail alur SPMB tahfidz dan pesantren.

“Barangkali ada yang tahfidz, minimal 10 juz bisa daftar jalur tahfidz. Kalau jalur pesantren, harus ada surat rekomendasi dari pondok atau yayasannya. Sedangkan tesnya adalah baca kitab.” ujarnya.

Lebih lanjut, Masriyah juga mengungkapkan bahwa mahasiswa yang lolos jalur prestasi akan berkesempatan mendapatkan beasiswa dan gratis biaya uang kuliah tunggal (UKT) selama kuliah.

 

Penulis: Dewi Yali Ulwiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *