Sejarah MAN 4 Jombang

A. SEJARAH SINGKAT
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jombang merupakan lembaga pendidikan negeri setingkat SLTA yang berdiri khas Islam. MAN 4 Jombang sebelumnya adalah madrasah swasta berbasis pondok pesantren. Di mana Pondok Pesantren Mamba’ul ma’arif berdiri pada tahun 1917 M, yang didirikan oleh Hadratus Syaikh KH. M. Bisri Syansuri (Rais A’am NU 1971-1980). Beliau seorang ulama besar yang berkaliber nasional dan sekaligus sebagai salah seorang pendirii organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU).
Pada tahun 1969 Madrasah tersebut dinegerikan menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Denanyar Jombang dan pada 2016 sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 673 Tahun 2016 berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang.
NPSN
: 20579956
NSS
: 131135170004
Nama Madrasah
: Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang
Akreditas Madrasah
: A (unggul)
Alamat Madrasah
: Jl. KH. Bisri Syansuri No. 21 Denanyar Jombang
Kode Pos
: 61416
No. Telp
: ( 0321 ) 866442, 867449
Website
: www.man4jombang.sch.id
Status Madrasah
: Negeri
Jenjang
: SMA/SLTA
Tahun Didirikan
: 1962
Tahun Beroperasi
: 1969
Periodesasi Kepala  MAN 4 Jombang:
Nama Kepala Madrasah
Periode
Drs. H. Muhtar Ahmadi
1999 – 2004
Drs. H. M. Faruq
2004 – 2007
H. Sunardi, S.H.
2007 – 2016
H. Syamsul Ma’arif, S.Pd., M.Pd.I
2016 – 2022
H. Moh. Ilyas, Lc., M.M.Pd.
                        2023 – sekarang
Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 4 Jombang:
No
Status Personalia
Tahun
2015
2016
2017
2018
2019
2020
2021
2022
2023
2024
1
Guru PNS
45
50
50
47
60
56
53
49
61
56
2
Guru Non PNS
33
36
43
50
65
66
72
76
65
66
3
Tendik PNS
4
13
12
11
11
9
8
8
8
8
4
Tendik Non PNS
18
11
12
18
19
12
16
16
17
17
B. PROGRAM UNGGULAN
1. Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MA PK)
Terdapat 11 Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan diseluruh Indonesia. Salah satu yang ada di Jawa Timur adalah MAN PK yang ada di MAN 4 Jombang. Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK), sebagaimana diprakarsai oleh Menteri Agama, Munawir Sadzali (1988-1983). Madrasah Aliyah Program Khusus digagas pada tahun 1987, sebagai sebuah proyek prestisius Departeman Agama untuk mengantisipasi akutnya persoalan madrasah, terutama menyangkut pengkaderan ulama (program tafaqquh fiddin).
MAPK dibentuk berdasarkan keputusan Menteri Agama Nomor 73 Tahun 1987 adalah sebuah pilot project membentuk generasi baru yang lebih profesional dan berwawasan luas serta moderat agar mampu memahami perbedaan pemikiran keagamaan di tengah-tengah masyarakat sehingga bisa mewarnai berbagai wacana perkembangan bangsa dan negara. Program yang diusung MAPK adalah siwa-siswi belajar dan tinggal di ma’had atau asrama yang disediakan madrasah untuk dapat mewujudkan tujuan Pendidikan sesuai target.
MAPK adalah bagian dari madrasah (MA) yang ada pada saat ini dengan struktur program kurikulum yang porsi pelajaran agamanya 80 %. MAN PK MAN 4 Jombang memiliki program utama yaitu Tahfidzul Qur’an, pembiasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta pendalaman kitab kuning. Pembelajaran di MAN PK ini terintegrasi antara di madrasah dan asrama dengan kuota 24 siswa dan 24 siswi di setiap Angkatan agar pembelajaran dapat berjalan lebih intensif dan maksimal.
Sejak didirikan sampai saat ini, MAPK telah meluluskan ribuan alumni. Alumni MAPK umumnya memiliki kualitas lebih baik dibandingkan yang lain terutama dalam penguasaan materi agama dan bahasa Arab dan Inggris. MAPK berhasil menelurkan intelektual yang agamawan handal dan dan saat ini alumninya menempuh studi ke seantero perguruan-perguruan tinggi elit di Eropa dan Timur Tengah. Banyaknya alumni yang melanjutkan pendidikan di luar negeri itu memberikan gambaran bahwa MAPK benar-benar telah mampu meluluskan alumni yang memiliki kualitas yang memadai.
2. Madrasah Aliyah Program Keterampilan
Pedoman Madrasah Aliyah (MA) program keterampilan diatur melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Nomor: 1023 Tahun 2016. MA Keterampilan didirikan dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan pendidikan Madrasah Aliyah melalui pembekalan keterampilan dan kecakapan hidup di masyarakat.
Mengacu pada SK dirjen No. 5466 Tahun 2019 tentang Juknis Pengelolaan Pembelajaran MA Plus Keterampilan diberlakukan mulai tahun ajaran 2020/2021, MAN 4 Jombang ditunjuk sebagai salah satu madrasah penyelenggara MA keterampilan di empat bidang yakni Multimedia, Otomotif, Tata Boga, dan Tata Rias.
Untuk memperoleh hasil maksimal program ini harus terintegrasi dengan kurikulum dan harus dipastikan bahwa program keterampilan di Madrasah Aliyah tidak mengurangi jumlah jam dari mata pelajaran yang ada. Dengan pola ini, diharapkan program keterampilan menghasilkan output seperti yang diharapkan. Output yang diharapkan adalah siswa yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar minimal yang dipersyaratkan oleh dunia usaha/ dunia industri terkait.
MA Plus Keterampilan merupakan madrasah Aliyah negeri/swasta yang memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang vokasi/keterampilan tertentu. MAN 4 Jombang ditunjuk oleh kementerian agama pada SK Dirjen Pendis untuk melaksanakan program Ma Plus Keterampilan, dan MAN 4 Jombang memiliki 4 macam bidang ketrampilan yang di ajarkan, yaitu: Multimedia, Otomotif, Tataboga, dan Tata Rias.
Muatan Kurikulum yang di berikan Kelas X : Muatan Lokal (5 JP), Kelas XI : Program Pilihan (5 JP). Bidang Keterampilan MA Plus Keterampilan di MAN 4 Jombang di bagi dalam bentuk By Class. Jadi dalam satu kelas diberikan satu bidang ketrampilan khusus, agar siswa lebih focus dengan skill yang dikuasai.
3. Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (PRODISTIK)
Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (PRODISTIK) adalah program yang disiapkan untuk membantu pengembangan kemampuan lulusan MA/SMA dalam meningkatkan SDM terutama dalam peningkatan kemampuan teknologi informasi di bidang komputer. Program ini diikuti seluruh siswa/i MAN 4 Jombang kecuali MANPK. Sebagai bekal kemampuan siswa/siswi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bidang Konsentrasi Keahlian komputer yang diambil  di MAN 4 Jombang untuk kelas X tahun ajaran 2024/2025 adalah Administrasi Perkantoran. Bidang keahlian tambahan yang di berikan meliputi dasar pemrograman, animasi, desain grafis, robot, dan pembuatan aplikasi media pembelajaran dan desain website.
Pembelajaran Prodistik Dilaksanakan selama 4 Semester dan 2 semester untuk penyelesaian Tugas akhir. Di awal Semester 5 Kelas XII semua siswa wajib membuat Project akhir dan laporan akhir sebagai salah satu syarat kelulusan PRODISTIK. Setelah siswa dinyatakan Lulus akan menerima sertifikat kelulusan PRODISTIK yang di keluarkan oleh pihak ITS Surabaya. PRODISTIK memiliki kegiatan yang di berikan langsung oleh pihak PRODISTIK ITS Surabaya, ada Prodistik Talks, Prodistik Menyapa, dan Kuliah Tamu yang di berikan untuk siswa-siswi.
PRODISTIK memiliki lomba Tahunan yang dinamakan PROCOMMIT yang diikuti oleh seluruh mitra prodistik TK.Provinsi Jawa Timur Lomba PROCOMMIT meliputi, Film, Animasi, media pembelajaran, pemrograman Exel, desain ilustrasi, Iklan, dsb. Pembelajaran PRODISTIK di MAN 4 Jombang sebagian besar dilaksanakan di LAB komputer madrasah, dan siswa/I diperkenankan menggunakan laptop jika memiliki dan diizinkan.
4. Program Sistem Kredit Semester (SKS)
Dalam Permendikbud Nomor 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester pada Pendidikan Dasar dan menengah Pasal 1 menyebutkan bahwa Sistem Kredit Semester selanjutnya disebut SKS adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti  dan/atau strategi belajar setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya.
Pengelolaan kelas pada penyelenggaraan SKS yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang adalah konsep gabungan kelas heterogen dan homogen. Kelas heterogen adalah kelas yang melayani peserta didik dengan tiga variasi kecepatan belajar berbeda, yaitu cepat, normal dan lambat. Pengelolaan pembelajaran dalam kelas heterogen melayani perseorangan/individual dalam suasana klasikal.  Layanan tersebut diberikan sesesuai dengan gaya dan kecepatan belajarnya. maka guru dihadapkan pada kelas heterogen yang pengelolaannya mencakup pada 3 layanan yaitu: klasikal, kelompok dan individual.
Peserta didik yang sudah teridentifikasi kecepatan belajarnya cepat, tetap berada dalam  kelasnya sampai menyelesaikan seluruh unit pembelajaran utuh sesuai beban belajar selama dua semester. Pada semester 3 sampai dengan 6 siswa yang teridentifikasi KBC akan dikumpulkan dalam sebuah kelas tersendiri ( homogen).  Pada Kelas Ini Siswa Menempuh waktu pembelajaran lebih cepat yakni 2 tahun untuk lulus dari MAN 4 Jombang, dengan syarat dan kriteria tertentu.
Dua model sistem rekruitmen siswa KBC Tahun 2019 s/d 2023: rekruitmen berdasarkan pengajuan dari guru mapel berdasarkan hasil belajar selama semester 1 (nilai kompetensi akademik dan komitmen). Tahun 2024: rekruitmen berdasarkan hasil seleksi melalui test psichologi dan raport MTs bersamaan dengan PPDB.